Chelioplasty, Operasi untuk Sempurnakan Bibir yang Kelainan

Jum'at, 28 Juli 2017 - 05:30 WIB
Chelioplasty, Operasi...
Chelioplasty, Operasi untuk Sempurnakan Bibir yang Kelainan
A A A
JAKARTA - Kelainan bibir yang merupakan bawaan lahir masih menjadi masalah besar di Indonesia. Kelainan bibir dan lelangit sumbing itu menyebabkan ketidaksempurnaan pada struktur bibir yang sering dialami oleh anak-anak.

Kepala Divisi Bedah Plastik & Rekonstruksi RSCM—FKUI Prof dr Chaula L Sukasih SpB, SpBP - RE (K) mengatakan bahwa operasi cheiloplasty merupakan langkah penting dalam menyempurnakan struktur bibir yang mengalami kelainan. Operasi ini membuat pasien yang menderita kelainan bibir bisa memiliki bentuk bibir yang normal.

"Jadi untuk memperbaiki kelainan bibir kita melakukan operasi cheiloplasty. Yang mana kita memiliki tim yang bekerja dengan baik. Di masing-masing tim itu, pasien sumbing bertujuan mendapatkan penampilan estetikanya yang baik," ujar Prof dr Chaula L Sukasih SpB, SpBP - RE (K) di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Untuk melakukan operasi para tim dokter harus mengenali struktur yang benar bagi penderita kelainan bibir. Alasannya agar mendapatkan hasil yang baik dalam memperbaiki bibir yang memiliki kelainan.

"Profilnya normal itu kita cari tahu dulu kalau tekhnik terbarunya ya operasi ada dua tahap seperti bulu dan langit-langit kerasanya pada dua tahun jadi unit ini lebih. Peralatannya ada beberapa peralatan yang digunakan," katanya.

Permasalahan anak yang menderita bibir sumbing masih menjadi perhatian serius. Indonesia berada di peringkat kelima yang menyandang kecacatan di bibir.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0894 seconds (0.1#10.140)